HOUSEKEEPING DEPARTMENT

Penulis mencoba untuk sedikit berbagi
mengenai Housekeeping atau
dalam bahasa Indonesia disebut Tata Graha merupakan salah satu departemen yang
berada di dalam divisi yang disebut Room Division atau Divisi Kamar. Departemen
lain yang berada dalam Divisi Kamar adalah Front office atau Kantor Depan. Melihat dari kata house keeping itu, maka
peran dari house keeping departemen sangat penting dalam suatu hotel.
Kadang-kadang house keeping department dijadikan satu dengan front office departemen
menjadi room division.
Rooms Division sendiri merupakan sebagai
sebuah divisi di hotel yang terdiri gabungan departemen dan fungsi yang
memiliki peran penting dan bertanggung jawab terhadap penyediaan dan pemesanan
kamar berikut memberikan pelayanan jasa kebersihan, perawatan dan pemeliharaan
kamar serta area-area umum di hotel, termasuk penyediaan pencucian pakaian tamu
serta pencucian dan pemeliharaan linen yang digunakan oleh departemen lain.
Bagian yang bertanggung jawab dalam hal
penyediaan dan pemesanan kamar adalah Front office Department atau Departemen
Kantor Depan. Sedangkan bagian yang bertanggung jawab terhadap pelayanan jasa
kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum adalah
Housekeeping Department atau Departemen
Tata Graha.
Dalam lingkup Housekeeping ini, Laundry atau Binatu merupakan satu bagian di
dalamnya yang bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan pencucian pakaian tamu
serta pencucian, penyimpanan dan pemeliharaan linen yang digunakan oleh
Housekeeping maupun departemen lain.
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa
hubungan kerja antara housekeeping departemen dengan room office department
sangat erat. Front office departemen adalah departemen bagian yang bertugas
menjual kamar, sedangkan house keeping departemen adalah departemen yang
bertugas menyiapkan kamar-kamar yang akan dijual, lengkap dengan fasilitas yang
diperlukannya oleh umum.
Lebih dari itu housekeeping departemen
mempunyai tugas dan tanggung jawab atas seluruh areal hotel, baik yang berada
diluar bangunan seperti: areal parker, kebun,atau taman, kolam renang, tennis
court, maupun yang berada didalam bangunan gedung, seperti : kamar-kamar,
ruangan-ruangan yang disewa seperti arcade, drungstone, bank, money changer,
travel agent, beauty saloon, barber shop, meeting room, restaurant,tempat
khusus karyawan(loker,toilet) serta seksi-seksi lain yang mengurusi linen /lena
milik hotel tersebut.
Jadi, housekeeping department mempunyai
tugas dan tanggung jawab menjaga kebersihan, kerapian, dan keindahan serta
kenyamanan seluruh areal tersebut, disamping juga menyediakan sarana penunjang
lainnya yang diperlukan oleh tamu selama berada di hotel serta memberikan
pelayanan yang memuaskan.
Adapun
ruang lingkup housekeeping adalah sebagai berikut:
1.
Ruang tamu
2.
Gang/ lobby
3.
Restoran dan ruang konfrensi
4.
Ruang kantor
5.
Toilet tamu
6.
Toilet karyawan
7.
Kebun atau taman yang ada di luar maupun di dalam hotel
8.
Kolam renang
9.
Lapangan parkir
10.
Dan sebagainya
Penanganan, pelayanan dan pemeliharaan yang terencana
dengan baik dalam menuju standard kebersihan, kerapian dan kenyamanan yang
menjadi tugas dan tanggung jawab Housekeeping di seluruh area hotel akan
meyakinkan tamu akan kepuasan yang didapatkan. Ini merupakan peran besar dalam
ruang lingkup pentingnya Housekeeping Department dalam setiap detak kehidupan
hotel. Nyaman, bersih, rapi, indah dan terawatnya hotel merupakan jaminan bagi
tamu untuk terus dapat menikmati hotel selama menginap dan jaminan akan
kembalinya tamu ke hotel pada masa mendatang.
Hal lain yang perlu dipahami mengenai
Housekeeping adalah bahwa departemen ini merupakan bagian yang memegang peranan
yang sangat penting atas kelancaran operasional di setiap hotel. Apalagi
tanggung jawabnya yang luas itu tidak hanya untuk pelayanan dan kepuasan tamu,
namun juga untuk kepentingan departemen lain dan juga untuk manajemen.
Tidak ada satu departemenpun yang dapat
menjalankan fungsi dan tugasnya dengan lancar tanpa mendapat pelayanan dari
Housekeeping Department. Semua department tentu sangat memerlukan bantuan
Housekeeping Department saat mereka akan menjalankan tugasnya. Seperti banquet,
restaurant,front office, sales dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar