MATERI KULIAH PERHOTELAN ANDI SCHOOL HTC



HOUSEKEEPING DEPARTMENT

          Dengan semakin banyaknya Kapal Pesiar ( Cruise Ship) yang membutuhkan tenaga kerja di bidang Housekeeping, maka semakin meningkatnya calon – calon pekerja yang terjun di Housekeeping Department, ini terlihat semakin banyaknya siswa – siswa dari sekolah perhotelan ataupun dari Sekolah Menengah Kejuruan yang OJT ( On Job Training ) di Housekeeping Department.  Yang mana dulu Housekeeping merupakan department yang sangat jarang dilirik oleh para kalangan muda yang ingin melanjutkan  di sekolah perhotelan.
          Penulis mencoba untuk sedikit berbagi mengenai Housekeeping atau dalam bahasa Indonesia disebut Tata Graha merupakan salah satu departemen yang berada di dalam divisi yang disebut Room Division atau Divisi Kamar. Departemen lain yang berada dalam Divisi Kamar adalah Front office atau Kantor Depan. Melihat dari kata house keeping itu, maka peran dari house keeping departemen sangat penting dalam suatu hotel. Kadang-kadang house keeping department dijadikan satu dengan front office departemen menjadi room division.
Rooms Division sendiri merupakan sebagai sebuah divisi di hotel yang terdiri gabungan departemen dan fungsi yang memiliki peran penting dan bertanggung jawab terhadap penyediaan dan pemesanan kamar berikut memberikan pelayanan jasa kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum di hotel, termasuk penyediaan pencucian pakaian tamu serta pencucian dan pemeliharaan linen yang digunakan oleh departemen lain.
Bagian yang bertanggung jawab dalam hal penyediaan dan pemesanan kamar adalah Front office Department atau Departemen Kantor Depan. Sedangkan bagian yang bertanggung jawab terhadap pelayanan jasa kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum adalah Housekeeping Department atau Departemen Tata Graha. Dalam lingkup Housekeeping ini, Laundry atau Binatu merupakan satu bagian di dalamnya yang bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan pencucian pakaian tamu serta pencucian, penyimpanan dan pemeliharaan linen yang digunakan oleh Housekeeping maupun departemen lain.
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hubungan kerja antara housekeeping departemen dengan room office department sangat erat. Front office departemen adalah departemen bagian yang bertugas menjual kamar, sedangkan house keeping departemen adalah departemen yang bertugas menyiapkan kamar-kamar yang akan dijual, lengkap dengan fasilitas yang diperlukannya oleh umum.


Lebih dari itu housekeeping departemen mempunyai tugas dan tanggung jawab atas seluruh areal hotel, baik yang berada diluar bangunan seperti: areal parker, kebun,atau taman, kolam renang, tennis court, maupun yang berada didalam bangunan gedung, seperti : kamar-kamar, ruangan-ruangan yang disewa seperti arcade, drungstone, bank, money changer, travel agent, beauty saloon, barber shop, meeting room, restaurant,tempat khusus karyawan(loker,toilet) serta seksi-seksi lain yang mengurusi linen /lena milik hotel tersebut.

Jadi, housekeeping department mempunyai tugas dan tanggung jawab menjaga kebersihan, kerapian, dan keindahan serta kenyamanan seluruh areal tersebut, disamping juga menyediakan sarana penunjang lainnya yang diperlukan oleh tamu selama berada di hotel serta memberikan pelayanan yang memuaskan.

Adapun ruang lingkup housekeeping adalah sebagai berikut:
1. Ruang tamu
2. Gang/ lobby
3. Restoran dan ruang konfrensi
4. Ruang kantor
5. Toilet tamu
6. Toilet karyawan
7. Kebun atau taman yang ada di luar maupun di dalam hotel
8. Kolam renang
9. Lapangan parkir
10. Dan sebagainya

Penanganan, pelayanan dan pemeliharaan yang terencana dengan baik dalam menuju standard kebersihan, kerapian dan kenyamanan yang menjadi tugas dan tanggung jawab Housekeeping di seluruh area hotel akan meyakinkan tamu akan kepuasan yang didapatkan. Ini merupakan peran besar dalam ruang lingkup pentingnya Housekeeping Department dalam setiap detak kehidupan hotel. Nyaman, bersih, rapi, indah dan terawatnya hotel merupakan jaminan bagi tamu untuk terus dapat menikmati hotel selama menginap dan jaminan akan kembalinya tamu ke hotel pada masa mendatang.
Hal lain yang perlu dipahami mengenai Housekeeping adalah bahwa departemen ini merupakan bagian yang memegang peranan yang sangat penting atas kelancaran operasional di setiap hotel. Apalagi tanggung jawabnya yang luas itu tidak hanya untuk pelayanan dan kepuasan tamu, namun juga untuk kepentingan departemen lain dan juga untuk manajemen.
Tidak ada satu departemenpun yang dapat menjalankan fungsi dan tugasnya dengan lancar tanpa mendapat pelayanan dari Housekeeping Department. Semua department tentu sangat memerlukan bantuan Housekeeping Department saat mereka akan menjalankan tugasnya. Seperti banquet, restaurant,front office, sales dan lain-lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar